Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

manfaat kurma bagi tubuh manusia

Di dunia ini siapa yang tidak kenal buah kurma? Buah ini begitu dikenal oleh khalayak orang, khususnya bagi penduduk jazirah Arab dimana buah ini banyak dijumpai, dan umumnya bagi kaum muslimin di seluruh penjuru dunia termasuk juga di Indonesia. Buah ini mempunyai nilai istimewa dan menempati posisi yang tinggi dalam agama islam. Buah kurma merupakan nikmat agung yang Allah anugrahkan kepada manusia dari beberapa nikmat-nikmat-Nya, dan hanya orang-orang yang mau berfikir dan mulai menyadari bahwa buah ini termasuk dari beberapa buah yang Allah sebutkan dalam al-qur’an, Allah berfirman:


يُنْبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَرْعَ وَ الزَيْتُوْنَ وَ النَّخِيْلَ وَ الأعْنَابَ، إنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُوْنَ

Artinya : ‘Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan’ (QS. An-Nahl: 11).

Buah ini sering Allah sebutkan dalam al-qur’an, lebih dari 20 ayat Allah sebutkan dalam al-quran, dan tentu bukan tanpa sebab Allah sering menyebutkan buah ini dalam al-qur’an, karena dalam al-qur’an surat ar-ra’d ayat 4 Allah berfirman:

وَ فِي الأَرْضِ قِطَعٌ مُتَجَاوِرَاتٌ مِن أعْنَابٍ وَ زَرْعٌ وَ نَخِيْلٌ صِنْوَانٌ وَ غَيْرُ صِنْوَانٍ يُسْقَى بِمَآءٍ وَاحِدٍ وَ يُفَضِّلُ بَعْضَهَا عَلَى بَعْضٍ فِي الأُكُلِ، إنَّ فِي ذَلِكَ لأيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُوْنَ

Artinya: ‘Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami lebihkan sebagian tanam-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir’. (QS. Ar-Ra’d : 4).

Dari ayat di atas tentu sudah sangat jelas bahwa buah kurma merupakan salah satu dari tanaman yang Allah lebihkan dari tanaman lainnya. Di akhir ayat tersebut juga terdapat kalimat ‘bagi kaum yang berfikir’, ini menjadi sebuah isyarat Allah agar manusia berfikir, mendalami dan mencari tahu manfaat dan khasiat apa yang terdapat pada buah kurma.

Manfaat buah kurma:
  1. Buah kurma memberikan efek relaksasi syaraf. hal ini terjadi karena buah ini mengandung Vitamin A dan B1 yang dapat memperkuat syaraf. Selain itu juga mengandung fosfor yang merupakan nutrisi bagi sel-sel syaraf dalam otak.

  2. Manfaat buah kurma untuk sumber energi. Buah kurma memiliki kandunagn energy untuk tubuh sehingga buah ini sering dijadikan sebagai makanan berbuka puasa, di penghujung hari berpuasa (menjelang berbuka), kebutuhan segera glukosa ke dalam tubuh akan memiliki banyak manfaat, dan buah kurma adalah buah yang mengandung glukosa cukup banyak dan dapat memberikan energi banyak pula setelah seharian berpuasa.

  3. Kandungan vitamin A pada buah kurma memiliki manfaat  kesehatan mata, mempertajam dan menjaga kelembaban mata, untuk kesehatan kulit dan melinduungi dari kanker paru paru serta kanker mulut.

  4. Konsumsi rutin kurma bisa merampingkan tubuh karena berkadar lemak rendah.

  5. Manfaat buah kurma sebagai penangkal racun. Dengan memakan 7 butir kurma setiap hari dapat melawan racun karena kurma memiliki kandungan vitokimia serta memiliki zat antioksidan.

  6. Buah kurma termasuk penguat tulang, gigi, dan seks karena mengandung fosfor dan kalsium.

  7. Buah kurma termasuk obat kurang darah (anemia)karena mengandung mineral kadar tinggi.

  8. Rendaman buah kurma memperlancar buang air kecil, sebagai reaksi kerja manisan (sertmeats) yang terkandung di dalamnya.

  9. Buah kurma memperkuat syaraf-syaraf pendengaran terutama bagi lansia.

  10.  Buah kurma merupakan obat pelancar buang air besar, karena mengandung serat sillilose yang membantu gerakan usus-usus bundar. sementara obat-obat pencuci perut justru menghancurkan selaput lendir bagian dalam usus karena menghasilkan gerakan buatan yang dipaksakan. selain itu, penggunaan obat kimia justru membuat sisa makanan bertahan lama di dalam usus besar, sehingga acap menyebabkan infeksi usus besar (colitis).

  11. Buah kurma bisa menjadi obat penyakit liver, penyakit kuning, sariawan, bibir pecah-pecah, kulit kering, dan kuku pecah-pecah karena mengandung vitamin B.

  12. Buah kurma dapat digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit kandung kemih, lambung, dan usus karena mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan niyasine. Kandungan-kandungan ini juga bekerjamelembabkan dan menjaga usus dari kelemahan dan infeksi.

  13. Buah kurma menstabilkan kadar keasaman lambung karena kaya dengan garam alkaline, misalnya garam-garam kalsium dan potasium.

  14. Kurma merupakan sumber zat besi yang baik, zat besi merupakan komponen hemoglobin didalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen dalam darah.

  15. Kalium yang terdapat dalam kurma dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga memberikan perlindungan terhadap jantung koroner dan stroek.

  16. Kalium yang terdapat dalam kurma sangat baik untuk kesehatan jantung, kandungan zat besi dan B Kompleks mikro nutrient untuk membentuk sel darah merah untuk mencegah anemia.
Masih banyak manfaat buah kurma yang belum saya sebutkan pada daftar di atas, dan tentunya ini menjadi ladang kita untuk selalu bersyukur kepada Sang Pencipta bahwa dalam kehidupan kita, Allah sudah menyediakan banyak sekali tanam-tanaman bermanfaat salah satunya yaitu buah kurma yang dapat membuat kita bertambah sehat dan bisa terus beribadah kepada-Nya, Semoga artikel ini bisa mengingatkan, membuat kita berfikir, serta merenungi citpaan Allah yang begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat. :)


Referensi:
  • Ahmad, Y.A. (2008). "Seri Kemukjizatan Al-Qur'an dan Sunnah". Yogyakarta: Sajadah_press.
  •   http://daunbuah.com/16-manfaat-buah-kurma-untuk-kesehatan-tubuh/


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Manusia"

Post a Comment