Sehat dengan memakan makanan yang HALAL dan BAIK.

sehat dengan makanan yg halal dan baik

Kesehatan adalah hal berharga yang diinginkan oleh seluruh mahluk di dunia ini, bagaimana tidak, jika kita sehat kita dapat menjalani berbagai macam aktifitas dengan baik tanpa ada gangguan sedikit pun. tapi jika sehari saja kita sakit, maka hanya untuk makan saja hasrat untuk menikmati hidangan makanan akan hilang, jika kita sakit rasa nikmat yang biasanya kita dapatkan hanya dari menghirup aroma makanan lezat saja akan tidak berpengaruh sama sekali. alhasil, kita akan kehilangan energi dan kebugaran, lidah yang biasanya sensitif pada rasa nikmatnya makanan hanya akan merasa pahit ketika makan, hal ini tentunya sangat tidak nyaman bukan? agama islam jauh sebelum adanya ilmu kesehatan, telah terlebih dahulu menjelaskan hal ini dengan jelas di al-qur'an, Allah berfirman:




يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِي الأَرْضِ حَلاَلاً طَيِّباً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ


Artinya: “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”


dari ayat di atas kita bisa mengambil dua hal penting yang Allah anjurkan dalam makanan, yaitu halal dan baik. Jika ayat tersebut hanya dibaca tanpa dihayati, tentunya tidak membuat kita merenung, tapi cobalah untuk membacanya dengan perhatian yang mendalam, merenungi, dan mulai membayangkan betapa Allah sangat tahu betul dua hal penting untuk dilakukan oleh mahluknya ketika memakan sesuatu, yaitu makanan yang halal dan yang baik:

  1. Makanan yang Halal
Halal (Arab: حلال‎ ḥalāl; 'diperbolehkan') adalah segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan, dalam agama Islam. Maka makanan yang halal adalah makanan yang diizinkan untuk dimakan. Kebalikan dari halal adalah haram yaitu segala sesuatu atau kegiatan yang dilarang untuk digunakan atau dilaksanakan. berikut ini adalah tiga kriteria makanan haram atau yang tidak boleh kita makan:


  • Makanan yang dari dzatnya sudah haram, contoh: bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas. makanan haram ini sudah tertera dalam al-quran:

    حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ



    Artinya: Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.
  • Makanan/minuman yang cara mendapatkannya dengan cara yang dilarang, misal: makanan curian, maka walaupun makanan itu dzatnya halal tapi karena didapatkan dari hasil mencuri, maka makanan itu menjadi haram.

  • Cara mengolahnya, jika makanan/minuman diolah dengan maksud untuk membuat minuman keras (khamr), maka makanan/minuman yang tadinya halal akan menjadi haram karena diolah menjadi minuman haram, yaitu: minuman keras.

dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa makanan halal adalah makanan yang diizinkan oleh agama islam, makanan yang halal juga berarti makanan yang dari dzat yang halal, pengolahan dan cara mendapatkannya itu juga dengan cara yang HALAL. Maka marilah kita teliti kembali, apakah makanan yang kita makan sudah halal? apakah makanan yang kita makan didapatkan dari harta yang halal? atau apakan makanan yang kita terima dari orang lain (saudara, teman, atau siapapun) adalah makanan yang halal? hal ini harus kita lakukan mengingat hadis nabi yang menyebutkan:


قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (كُلُّ جِسْمٍ نَبَتَ مَنْ سُحْتٍ فَالنَّارُ أَوْلَى بِهِ)


Rasulullah  bersabda: "Setiap tubuh (daging) yang tumbuh dari perkara (makanan) HARAM, maka NERAKA adalah tempat yang layak baginya."

subhanallah, betapa tegasnya Rasul memperingati umatnya, sampai-sampai neraka menjadi tempat layak bagi pemakan makanan haram. Ada satu kisah yang sangat terkenal, kisah ini datang dari khalifah kedua Khulafaur Rasyidin, beliau adalah Umar bin Khattab. Berikut ini adalah kisah beliau yang sangat waspada pada makanan haram:


"Abu Bakar ra. memiliki seorang budak yang selalu memberikan sebagian pendapatannya kepada beliau. Suatu hari, ia menghidangkan sedikit makanan kepada Abu Bakar ra.. Lalu beliau mencicipi sedikit makanan itu. Hambanya berkata, "Tuan, biasanya tuan selalu bertanya kepadaku; darimanakah penghasilanmu ini? Namun pada hari ini, tuan tidak menanyakannya." Jawab Abu Bakar ra., "Itu karena saya merasa sangat lapar, sehingga lupa menanyakannya. Sekarang jelaskanlah tentang makanan ini." Hambanya menjawab, "Ketika jahiliyah dulu, saya bertemu dengan suatu kaum dan memberi mereka mantera. Mereka berjanji kepadaku akan memberi imbalan atas jasaku. Dan pada hari ini saya melewati perkampungan mereka. Kebetulan mereka sedang melangsungkan pernikahan, jadi mereka memberikan makanan ini kepadaku." Abu Bakar ra. langsung berteriak, "Kamu nyaris membinasakanku!" Kemudian beliau berusaha memuntahkan makanan yang telah ditelannya itu dengan memasukkan jarinya ke dalam tenggorokan. Tetapi karena lapar yang ia derita, makanan itu sulit dikeluarkan. Lalu ada seseorang yang memberitahu bahwa ia dapat muntah jika minum air sebanyak-banyaknya. Maka beliau minta dibawakan segelas besar air minum. Beliau langsung meminumnya. Ternyata dengan cara itu, ia dapat muntah.


Seseorang berkata kepada beliau, "Semoga Allah merahmati tuan. Tuan telah bersusah payah mengeluarkan isi perut tuan, hanya karena sesuap makanan." Jawab Abu Bakar ra., "Walaupun saya harus kehilangan nyawa untuk mengeluarkan makanan itu, pasti akan tetap kukeluarkan. Saya mendengar sabda Nabi saw., "Badan yang tumbuh dengan makanan haram, maka api neraka adalah pantas untuknya. Saya khawatir, jika dalam badanku ini tumbuh dari makanan ini."


        2. Makanan yang Baik

Kata 'Baik' mempunyai arti yang cukup luas, dalam KBBI saja kata ini mempunyai 10 arti yang berbeda, tapi arti kata 'baik' dalam konteks ayat tentang makanan yang baik sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu berguna; bermanfaat, contoh: buku ini sangat -- untuk dibaca; air putih sangat -- untuk kesehatan;. nah dari pengertian tersebut dapat kita simpulkan bahwa arti baik yang dimaksud adalah makanan yang mempunyai manfaat bagi tubuh kita. Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis makanan, tapi Allah menciptakan makanan yang baik (bermanfaat) bagi kesehatan kita. Dalam al-quran disebutkan bahwa:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُلُواْ مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُواْ لِلّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

"Wahai orang-orang yang beriman, makanlah yang baik-baik dari apa yang telah kami rizkikan kepadamu, dan bersyukurlah kepada Allah jika hanya kepada-Nyalah engkau menyembah."

perintah Allah tentang memakan makanan yang baik tentunya sangatlah jelas, yaitu makanan yang mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Makanlah makanan yang kita butuhkan (baca:baik,bermanfaat) bukan makanan yang kita suka. Terkadang kita lupa, bahkan sering kali terbuai oleh beberapa makanan yang menurut kita baik padahal makanan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, contoh saja: daging kambing, daging ini mempunyai manfaat untuk kesehatan tapi daging kambing juga tidak baik untuk orang yang mempunyai penyakit darah tinggi. jadi kata 'baik' di sini diperuntukan untuk setiap individu, karena baik untuk orang lain belum tentu baik untuk diri kita, begitu juga sebaliknya baik untuk diri kita belum tentu baik untuk orang lain. Allah memberikan banyak jenis makanan di dunia ini, di sisi lain Allah juga sudah memberikan akal kepada kita untuk berfikir dan memilih makanan mana saja yang HALAL dan BAIK untuk tubuh kita.

Semoga bisa menjadi renungan dan memberi manfaat untuk kita agar kita selalu memakan makanan yang HALAL dan BAIK. Amin. :)


Referensi:
  • http://www.syiarislam.xyz/2012/03/kisah-kehati-hatian-para-sahabat-normal.html
  • https://islamqa.info/ar/139392
  • http://kbbi.web.id/baik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sehat dengan memakan makanan yang HALAL dan BAIK."

Post a Comment